PARIWISATA

Destinasi Wisata Dikunjungi Ratusan Ribu Wisatawan Selama Libur Lebaran 2025

TrendNine.id, Jakarta – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mencatat kenaikan pengunjung di sejumlah destinasi pariwisata di bawah pengelolaannya. Penyelenggaraan arus mudik dan arus balik melalui sejumlah bandara di bawah pengelolaan InJourney juga berjalan dengan lancar selama periode libur Lebaran 2025 pada 21 Maret – 8 April 2025.

Dengan dukungan beragam program khusus yang diadakan selama musim libur Lebaran 2025, seluruh anak usaha InJourney memberikan pelayanan yang optimal dan pengalaman bermakna bagi wisatawan di sektor destinasi, bandara maupun retail.

Direktur Utama InJourney, Maya Watono mengatakan, bahwa mudik Lebaran merupakan salah satu momen yang krusial bagi masyarakat Indonesia yang memberikan dampak langsung bagi sektor aviasi dan pariwisata. Untuk itu, InJourney Group berusaha untuk melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya agar masyarakat dapat menikmati libur Lebaran kali ini dengan aman dan nyaman.

“Kami bersyukur beragam program dari InJourney Group mulai dari aviasi dan kebandarudaraan, retail, pariwisata, hingga hospitality dapat melayani masyarakat dengan baik pada musim libur Lebaran kali ini,” kata Maya Watono.

Dari sisi kunjungan wisatawan, destinasi pariwisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mencatat selama periode libur lebaran pada 31 Maret – 8 April 2025 terdapat 146.298 pengunjung memadati tempat wisata andalan keluarga Indonesia itu. Puncak kunjungan terjadi pada 2 April 2025 atau H+2 Lebaran dengan angka 25 ribu pengunjung. Kereta gantung atau gondola, taman burung, dan anjungan daerah menjadi favorit pengunjung. Anjungan daerah mampu menarik wisatawan karena menghadirkan keragaman budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk memfasilitasi para kenaikan pengunjung, TMII menghadirkan bazar UMKM yang menjual kuliner khas dari berbagai daerah.

Baca Juga : 50 Tahun TMII, Berikan Diskon 50% Hingga Gratis Bagi Anak Yatim dan Disabilitas

TMII menghadirkan berbagai keseruan melalui ⁠Program Jelajah Seru Lebaran di TMII diantaranya adalah Pawai Obor pada malam takbiran dengan rute dari Plaza Promenade menuju Plaza Kori Agung, Bazar Oase Nusantara yang menghadirkan ragam aneka kuliner khas Nusantara, Atraksi Budaya seperti Tari Kecak, Lompat Batu, Kuda Lumping, Sisingaan, Reog Ponorogo di Plaza Kori Agung, Jelajah Malam Museum di Museum Indonesia dan Museum Pusaka, Perdana Ria Jakarta di Plaza Lokomotif, serta Senandung Lebaran bersama Band Lokal.

Program “Lebaran di Candi” yang diselenggarakan oleh PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko atau InJourney Destination Management (IDM) terbukti mampu menarik wisatawan dengan hadirnya beragam pertunjukan yang menarik. IDM mencatat total kunjungan ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, Ratu Boko, dan Teater Pentas mencapai 207.565 pengunjung, yang berarti naik 23,22% dibandingkan tahun 2024 sebanyak 168.452 pengunjung. Angka ini juga melampaui target pengunjung selama periode Lebaran ini sebesar 175.297.

Rincian angka kunjungan Candi Borobudur 76.293 pengunjung (naik 4,8%), Candi Prambanan 121.210 pengunjung (naik 39,24%), Ratu Boko 6.715 pengunjung (naik 2,44%), dan Teater Pentas 4.347 pengunjung (naik 44,66%). Pertunjukan seni budaya Ramayana Ballet Prambanan, Roro Jonggrang dan Shinta Obong menjadi atraksi utama yang mampu menarik 3.617 pengunjung.

Selain itu, terdapat Pasar Medhang yang berkolaborasi dengan Jumbo, sebuah karakter animasi film yang merupakan bagian dari kolaborasi antara Kementerian Ekonomi Kreatif, InJourney, dan Visinema. Aktivitas Lebaran di Candi ini juga berhasil melibatkan 2.500 UMKM lokal, 1.500 seniman lokal, dan 900 tenaga kerja lokal di sekitar destinasi taman wisata candi.

ITDC menyiapkan tiga destinasi wisata andalannya untuk menyambut wisatawan selama libur Lebaran 2025 yakni The Nusa Dua (Bali), The Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan The Golo Mori (Nusa Tenggara Timur). Beragam atraksi budaya digelar untuk menarik pengunjung seperti Festival Dresta Lango, Pawai Ogoh-Ogoh, serta pertunjukan Kecak & Barong. Beragam promo spesial juga ditawarkan selama Ramadan dan Idul Fitri 1446 H. Untuk mengantisipasi kenaikan pengunjung, ITDC menambah 21 personel keamanan sehingga total mencapai 88 personel, yang didukung dengan sistem pengamanan terpadu. Selain itu, posko informasi dan keamanan beroperasi selama 24 jam.

ITDC mencatat rata-rata okupansi harian The Nusa selama periode 24 Maret hingga 7 April 2025 mencapai 74,48 persen, dengan jumlah kunjungan ke Daya Tarik Wisata (DTW) Water Blow mencapai 56.726 orang. Untuk kawasan The Mandalika rata-rata tingkat okupansinya pada 24 Maret hingga 7 April 2025 mencapai 42,39%, melebihi target yang ditetapkan sebesar 32%. Pada periode ini, jumlah kunjungan wisatawan mencapai 59.275 orang. Sedangkan The Golo Mori mencatat total kunjungan wisatawan sebanyak 1.479 orang.

Sementara itu, PT Hotel Indonesia Natour atau InJourney Hospitality juga menyelenggarakan beragam aktivitas untuk menarik minat masyarakat.

InJourney Hospitality mencatat kenaikan pengunjung selama libur Lebaran 2025. Secara keseluruhan, rata-rata okupansi hotel mencapai 65,3 persen, yang berarti meningkat 4,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2024.

Sarinah tak kalah meriah dengan catatan 201 ribu pengunjung selama periode 30 Maret – 7 April 2025. Selama libur Lebaran 2025, Sarinah menghadirkan sejumlah program unggulan bertajuk Hikmah Ramadan. Melalui program ini, Sarinah menawarkan berbagai promo menarik seperti diskon hingga 50%, voucher potongan harga, serta bazar pop-up yang diselenggarakan di Sarinah Thamrin, KCIC, dan sejumlah mal di Jakarta. Secara keseluruhan Sarinah Store mencatat penjualannya tumbuh hingga 8,2% (yoy) selama libur Lebaran 2025.

Angkutan udara merupakan salah satu titik krusial pada penyelenggaraan mudik Lebaran. InJourney pun melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Berdasarkan pantauan InJourney Airports, selama periode 19 hari operasional posko, telah terjadi kenaikan pergerakan penumpang.

InJourney Airports mencatat, selama 19 hari masa angkutan Lebaran, jumlah penumpang mencapai 9,16 juta penumpang, meningkat 2,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara InJourney Aviation Services (IAS) berkolaborasi dengan InJourney Airport membagikan special gift berupa boneka Hi Dudu pada momen #SatuKejutanBerjutaSenyuman. Boneka yang dibagikan merupakan kolaborasi dengan kekayaan intelektual (IP) Lokal “Hi Dudu”. Special Gift boneka Hi Dudu dibagikan di bandara-bandara yang diprediksi menjadi teramai selama angkutan lebaran (Angleb) 2025 ini. Seperti di Bandara Soekarno Hatta (CGK), Balikpapan (BPN), Padang (PDG), Makassar (UPG), Denpasar (DPS), dan Surabaya (SUB), selama periode 26 hingga 28 Maret 2025.

“Program transformasi bandara yang telah dilakukan merupakan upaya dan komitmen kami untuk menghadirkan layanan yang berkualitas sehingga para pengunjung merasa nyaman menggunakan angkutan udara, termasuk pada musim mudik Lebaran tahun ini yang berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Maya Watono. (*)

Editor : Huda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *