OTOMOTIF

Masih Terlihat Gagah Nissan Xtrail T31, Harga Bekasnya Sekitar 100 Jutaan. Apa Kelemahannya?

TRENDNINE.ID – Jakarta, SUV andalan dari Nissan Motor Indonesia(NMI) ini masih cukup menarik untuk dimiliki. Sejak dilaunching tahun 2004 dengan X-Trail T30, akhirnya pada tahun 2008 NMI mengeluarkan X-Trail T31 dengan tampilan yang lebih garang,bahkan sempat jadi kendaraan resmi Paspampres saat itu.

Nissan Xtrail T31 hadir dengan dua pilihan mesin, mesin 2.000 cc berkode MR20DE 4-silinder 16 valve DOHC bertenaga 136 dk di 5.200 rpm, dan torsi sebesar 198 Nm di 4.400 rpm. Sedangkan untuk pilihan mesin 2.500 cc berkode QR25DE 4-silinder 16 valve DOHC, punya tenaga mencapai 170 dk di 6.000 rpm dan torsi 226 Nm di 4.400 rpm.

Nissan X-Trail T31 di generasi ini sudah mengadopsi matik jenis CVT (Continuously Variable Transmission), Nissan menyebutnya XTronic dengan perpindahan gigi yang halus dan pintar. Untuk yang type Manual X-Trail T31 cuma ada 2.0 dengan 6 percepatan.

Biasanya banyak yang bertanya apa kelemahan dari Nissan Xtrail T31 ini, tentunya semua itu tergantung perawatan dan cara pakainya. Beberapa kelemahan Nissan Xtrail T31 ini adalah :
1. Kaki-kaki, seperti halnya kendaraan lain dengan penggerak roda depan memang punya kelemahan pada sektor kaki-kaki. Biasanya bagian bushing maupun cross member yang rawan bermasalah.

2. Coil, disini biasanya mobil terasa mbrebet-mbrebet hal yg biasa terjadi bagian Coil Assy,tapi jangan takut karena biasanya yang perlu ganti cuma selongsongnya aja. Harga selongsong coil antar 35 ribu sampai 100 ribu. Kalau di bengkel resmi biasanya harus ganti coil Assy yg tentu harganya tidak murah.

3. Jok baris kedua sebelah kiri yang terjadi biasanya suara glodakan, itu terjadi biasanya dari setelan sandaran jok dan bisa diakali dengan memberikan karet pada lubangnya untuk minimalisir gesekan antara pen pengunci dengan lubangnya.

Menurut Agus owner ADO MOTOR spesialis Nissan di daerah Ciledug untuk beberapa kelemahan itu sangat gampang dalam menanganinya. “Coil untuk semua type Nissan rata-rata sama jadi ga usah khawatir soal part Nissan,mau yg ORI maupun KW sudah banyak pilihan” ujarnya.

Agus menambahkan untuk transmisi CVT Nissan Xtrail T31 perawatan memang harus lebih extra dibanding type manual, terutama soal oli cvt jangan sampai telat ganti dan jangan salah memasukkan jenis oli transmisi CVT.

Perawatan Nissan Xtrail T31 tidaklah susah mengingat sekarang banyak tersebar bengkel spesialis Nissan hampir diseluruh wilayah di Indonesia.(Hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *